5 Langkah Cara untuk Memulai Bisnis Online

5 Langkah Cara untuk Memulai Bisnis Online

Nindya
Nindya

Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis online tetapi tidak yakin bagaimana cara memulainya?

Dalam kesibukan kerja sampingan dunia digital saat ini, Anda mungkin telah menemukan beberapa cara hebat untuk menghasilkan uang secara online. Pada umumnya, opsi ini seperti mengisi survei online, pemasaran afiliasi, iklan bayar per klik / pay-per-click (PPC), dll. Adalah cara yang bagus untuk melengkapi waktu senggang pekerjaan penuh waktu (full time job) Anda.

Namun, jika Anda lebih berambisius dan ingin memperoleh kemandirian finansial, telah tiba saatnya mempertimbangkan untuk memulai dan menjalankan bisnis online Anda sendiri, sesuatu yang menciptakan pemasukan penuh waktu (full time income) dan memberi Anda kebebasan waktu untuk menikmatinya.

Apa yang diperlukan untuk memulai bisnis online? Tentu saja, ceruk (niche) yang Anda pilih untuk berbisnis akan memiliki pengaruh besar dalam keberhasilan atau kegagalan bisnis online Anda, karena tentunya Anda ingin memastikan untuk fokus pada pasar yang memiliki banyak pembeli dan memiliki uang. Setelah Anda memilih niche yang menguntungkan Anda juga harus memiliki situs web yang bagus, memahami pasar, dan membuat pesan pemasaran yang bagus untuk target pasar Anda.

Sebagai calon wirausahawan dengan budget / anggaran terbatas, Anda memiliki tujuan yang sama seperti orang lain....yaitu membangun bisnis dengan cepat melalui jaringan yang solid dan menghasilkan arus kas (cash flow) yang cukup untuk tetap hidup!

Untuk mencapai hal ini, mari kita lihat lima hal terpenting yang harus dipertimbangkan saat memulai bisnis online dan mulailah mengubah passion Anda menjadi pencari profit di internet.


1. Riset Pasar dan Saran Ahli

Mendapatkan opini dan dukungan dari teman, keluarga, dan rekan kerja Anda memang adalah awal yang bagus, tetapi bukankah lebih masuk akal jika Anda bertemu dengan pebisnis sejati yang sudah terjun ke dunia bisnis bersangkutan dan sudah pernah melakukannya? Toh apa ruginya? Dalam skenario terburuk, mereka akan menunjukkan bagian kelemahan penting dalam rencana Anda, yang memaksa Anda untuk menunda atau bahkan mungkin membatalkan ide Anda, hal itu dilakukan untuk menjadikan Anda lebih baik! Tidak ada permulaan yang benar-benar sempurna, dan mungkin konsultasi Anda akan menghasilkan beberapa nasihat emas yang sesungguhnya.

Mungkin yang lebih penting bahwa pilihan seorang profesional yang berkualifikasi adalah apa yang sebenarnya dikatakan oleh target audiens Anda. Reaksi pelanggan melalui situs crowdsourcing (Crowdsourcing adalah salah satu cara mengumpulkan ide, layanan atau konten melalui kontribusi sekelompok orang.) sangat populer akhir-akhir ini dan memungkinkan Anda untuk mengukur minat sebenarnya pada produk atau layanan awal Anda. Survei pelanggan dengan cara tradisional juga tetap menjadi pokok dari riset pasar berbasis bukti.

Seperti hal yang disebutkan di atas, kunci terbesar untuk sukses dengan bisnis online, atau bisnis apa pun, adalah memastikan Anda memilih pasar yang menguntungkan. Perhatikan apa yang dilakukan oleh perusahaan, situs web, dan influencer online sukses lainnya. Jika Anda melihat banyak orang terlibat di pasar bersangkutan, maka itu adalah pertanda baik dari pasar yang sehat dengan banyak peluang menguntungkan untuk semua orang yang terlibat.

Baca juga: Tips Sukses Memulai Bisnis Sendiri


2. Situs Web Fungsional

Sungguh lucu betapa banyak pebisnis internet yang masih jijik untuk memikirkan situs web (atau bahkan tidak berinvestasi sedikit pun di dalamnya). Namun, terlepas dari ledakan sosial media yang terjadi saat ini, situs e-commerce yang solid tetap menjadi jangkar bisnis online Anda yang sedang berkembang. Ini untuk membantu membangun merek / brand Anda dan membedakan Anda dari istilah "tidak dapat diandalkan atau tidak dapat dipercaya, terutama dalam urusan bisnis atau keuangan.".

Langkah-langkah dasar untuk menyiapkan situs web dengan budget / anggaran minimal adalah:

  1. Pertimbangkan platform populer seperti WordPress atau Sistem Manajemen Konten / Content Management System (CMS) sederhana lainnya sebagai basis Anda.
  2. Pilih nama domain yang kuat atau sesuai dengan brand Anda dan daftarkan domain yang dipilih ke tempat pendaftaran domain yang memiliki reputasi yang baik.
  3. Cari dan tambahkan plugin bisnis sederhana ke CMS yang Anda gunakan untuk mendapatkan tampilan profesional dan kemudahan pelanggan menggunakan navigasi.

Bukan bermaksud melebih-lebihkan, bahwasannya orang akan menilai Anda, bisnis Anda, dan kredibilitasnya, serta yang terpenting adalah kemampuan untuk menyelesaikan masalah mereka berdasarkan tampilan dan nuansa situs web Anda. Meskipun kita semua tahu bahwa tidak seharusnya orang menilai bisnis Anda dari situs webnya saja seperti mereka menilai buku dari sampulnya. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan situs web yang tampak bagus, tetapi Anda juga harus mencari dan mendengarkan nasihat dari desainer web profesional atau setidaknya berinvestasilah ke template WordPress yang bagus untuk memberikan tampilan dan nuansa profesional pada situs web Anda.

3. Pelajari Kompetitor Anda

Kemungkinannya adalah Anda tidak akan berhadapan langsung dengan Google, Yahoo, Bing, TokoPedia, BukaLapak, ataupun Shopee. Namun, Anda tetap perlu mewaspadai pesaing utama Anda terlepas dari pangsa pasar mereka yang sebenarnya. Ini termasuk pesaing langsung dan tidak langsung, karena di sinilah kemungkinan besar pelanggan ideal Anda berkumpul.

Mesin pencari menawarkan alat yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pemberitahuan dan jam tren yang membuat Anda selalu dapat memantau.

Dua kesalahan besar yang dilakukan orang dalam memulai bisnis adalah:

  1. Berpikir bahwa "jika seseoang sudah melakukan ide Anda, maka Anda tidak boleh melakukannya juga". Yang benar adalah bahwa jika banyak orang yang sudah menjalankan ide bisnis Anda, itu adalah bukti bahwa ide Anda menguntungkan dan Anda harus melangkah maju dengannya.
  2. Berpikir bahwa "jika tidak ada seseorang yang melakukan ide Anda, maka Anda sedang duduk di tambang emas yang belum dimanfaatkan". Meskipun terobosan ide-ide baru dimungkinkan, kenyataannya adalah bahwa jika tidak ada seorangpun yang saat ini mengerjakan ide Anda, itu mungkin karena tidak ada pasar atau bahkan profitabilitas dalam ide tersebut...jika tidak, seseorang sudah akan melakukannya.

Jika Anda belum melakukannya, Anda harus membuat daftar dari semua pesaing di pasar Anda dan mempelajari semua yang mereka lakukan. Produk apa yang mereka tawarkan? Di mana mereka menjalankan iklan? Apa isi teks pemasaran mereka? Meskipun Anda tidak ingin meniru apa yang dilakukan pesaing, Anda dapat belajar banyak dengan menonton mereka dan mencontohkan hal-hal sukses yang telah mereka lakukan.

4. Jangan Berhemat pada Penjualan dan Pemasaran!

Tetapkan beberapa tujuan pendapatan dan arus kas (misal Rp100.000.000,00 dalam penjualan 18 bulan terakhir) dan sertakan tolak ukur menengah yang memungkinkan Anda untuk mengukur pertumbuhan dan kinerja bisnis Anda dengan benar.

Pilih satu atau lebih platform sosial media untuk menyebarkan berita. Facebook, Instagram, LinkedIn, dan Pinterest adalah yang paling populer, tetapi Anda juga dapat mempertimbangkan situs web yang lebih kecil dan lebih bertarget yang melayani area tertentu Anda, seperti majalah perdagangan dan situs web asosiasi industri.


5. Maksimalkan Usaha Anda!

Anda akan terkejut dengan apa yang dapat dicapai oleh seseorang dengan budget / anggaran awal yang terbatas. Ini bukanlah tentang keras kepala, melainkan tentang kesan pertama yang ingin Anda tinggalkan kepada orang lain, serta keinginan untuk mengontrol bagaimana cara perusahaan Anda bertumbuh.

Setelah Anda mengevaluasi, menetapkan kekuatan dan kelemahan bisnis Anda, Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengetahui aspek apa dari usaha online Anda yang membutuhkan keahlian dari luar. Kuncinya adalah terus-menerus melakukan outsourcing (Outsourcing bisa diartikan sebagai penggunaan tenaga kerja dari pihak ketiga untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu.) atau menambahkan karyawan untuk melakukan tugas-tugas tingkat rendah dalam bisnis Anda sementara Anda fokus pada area yang paling menguntungkan dalam mengembangkan bisnis Anda.


Kesimpulan

Memulai bisnis online Anda sendiri tidaklah terlalu sulit hingga membutuhkan kecerdasan untuk memahami ataupun melakukannya, tetapi itu dibutuhkan kerja nyata untuk membuatnya sukses. Puluhan ribu pemasar Internet di seluruh dunia telah mengganti pendapatan waktu kerja mereka dalam waktu singkat. Mengapa tidak pindah secara online ke masa depan yang lebih kaya, masa depan yang lebih baik dan cerah, dengan bergabung bersama mereka?

Bisnis OnlineTips & Trik BisnisUsahaBisnis

Nindya

It's me.