6 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

6 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Ard
Ard

Di masa pandemi seperti sekarang, beberapa dari Anda pasti pusing dengan keuangan kalian bukan?

Namun, dengan adanya internet, Anda bisa mendapatkan uang hanya dengan bermodal duduk saja. Tetapi tidak hanya duduk saja, Anda harus mau untuk belajar, tekun, dan mempunyai niat yang tinggi.


Jujur saja, mendapatkan uang dari internet tidaklah instan, Anda harus melangkah step by step untuk mendapatkan hasil yang Anda impikan, oleh karena itu, tekat dan niat di sini sangatlah penting.

1. Membuat Website/Blog

Membuat website/blog adalah salah satu cara Anda bisa mendapatkan pundi-pundi uang dari internet, hal ini sama halnya yang saya lakukan saat ini, dengan membuat website ini, dan menuliskan artikel ini.


Lalu bagaimana caranya sebuah website dapat menghasilkan uang?


Oke, pertama Anda harus memiliki sebuah website terlebih dahulu, dengan begitu Anda bisa melangkah ke langkah selanjutnya, yaitu monetisasi.


Apa itu monetisasi?


Bisa dikatakan, monetisasi adalah proses yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari website Anda nantinya.

Contoh yang paling terkenal adalah Iklan Google Adsense. Yup, Anda pasti sudah tahu tentang Adsense bukan?


Tidak hanya di YouTube saja, Anda bisa memasang iklan Adsense di website Anda, dan mendapatkan uang Anda sendiri dari website yang sudah Anda buat. Bahkan tidak sedikit para blogger dari Indonesia yang mempunyai penghasilan puluhan juta perbulan.

2. Membuat Youtube

Tak jauh berbeda dengan membuat blog, membuat channel Youtube sendiri merupakan salah satu pilihan yang bisa Anda lakukan untuk mencoba mendapatkan benih-benih penghasilan.


Berbeda dengan website yang di mana kita mengelola konten berupa artikel, di YouTube konten yang kita mainkan adalah video. Di mana di setiap video nantinya bisa kita monetisasi, jika persyaratan dari YouTube sudah kita penuhi.


Pasti Anda semua sudah tahu bukan, metode monetisasi yang bisa Anda lakukan di YouTube?


Yup, betul sekali, Google Adsense. Sama halnya dengan website, di YouTube Anda bisa memonetisasi channel Anda dengan iklan yang disediakan oleh Google Adsense, semakin banyak orang yang menonton video Anda, maka akan semakin banyak pula peluang Anda untuk mendapatkan penghasilan.


Tidak heran jika akhir-akhir ini banyak sekali Youtuber yang memiliki pendapatan yang fantastic, tentu saja untuk mendapatkanya perlu keuletan dan niat yang tinggi.

3. Membuka Toko Online

Semakin berkembangnya internet, kegiatan berjual beli tidak hanya dilakukan di pasar, atau bahkan di toko-toko dekat rumah Anda. Kini, Anda bisa membeli sebuah barang, hanya dengan duduk santai di rumah Anda dengan menggunakan smartphone Anda.

Banyak sekali marketplace yang bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan belanja Anda, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dll.


Namun tidak hanya mengandalkan marketplace tersebut, Anda juga bisa membuat toko online sendiri, di mana hal ini sangat berpengaruh untuk meyakinkan calon pelanggan Anda untuk membeli produk yang Anda jual.


Anda bisa membuat website toko online sendiri, atau bahkan menyewa jasa pembuatan website toko online dengan sedikit tambahan budget.


Apakah jika kita mebuat toko online, akan ada pelanggan yang melihat website toko online kita?


Tentu saja, Anda bisa memanfaatkan media promosi yang Anda lakukan dengan mencantumkan website toko online Anda, yang di mana calon pelanggan akan memiliki peluang untuk membuka website toko tersebut, dan tentu saja keyakinan mereka untuk membeli barang dari toko Anda lebih besar.


Anda juga bisa menggunakan website toko online Anda sebagai lahan promosi, sehingga calon pembeli lebih leluasa mengetahui barang apa saja yang Anda jual, dan testimoni dari barang yang sudah Anda jual sebelumnya. Bagaimana? Apakah Anda tertarik?

Baca juga: Ide Bisnis dengan Modal Kecil

4. Mengikuti Progam Afiliasi

Apa itu afiliasi?


Afiliasia dalah sebuah program di mana Anda bisa mendapatkan komisi, apabila Anda bisa membuat orang lain memnggunakan atau membeli suatu produk yang Anda iklankan.


Anda bisa mendaftar program afiliasi di berbagai situs, seperti Amazon, Niagahoster, Zalora, dll. Dengan komisi hingga 10%, cara ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan.


Bagaimana cara kerja afiliasi min?


Dalam menjalankan program afiliasi, Anda diharuskan memasang atau mengiklankan produk dari pemilik produk, yang di mana nantinya jika ada konsumen yang membeli barang tersebut melalui iklan Anda, maka aAda akan mendapatkan komisi pembelian produk tersebut sesuai yang sudah disepakati sebelumnya.


Jadi, hal ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan penghasilan pasif yang besar, jika Anda bisa mengoptimalkan kinerja iklan yang Anda jalankan.

5. Berjualan Online dengan Sistem Dropship

Berbisnis online memanglah menguntungkan, apalagi Anda tidak perlu menyetok barang atau bahkan berfikir rugi dalam menjual seuatu barang. Tentu saja hal ini sangat menggiurkan bukan?


Dropship adalah sistem jual beli yang di mana, Anda sebagai dropshipper tidak perlu memikirkan stok barang, packaging atau bahkan mengirim barang.
Tugas Anda sebagai dropshiper hanyalah mencari konsumen Anda sendiri, kemudian mengirimkan detail barang ke suplier, dan suplier yang nantinya akan mengirim barang tersebut ke konsumen.


Apakah dropship sama dengan reseller?


Tentu saja, berbeda dengan dropship, reseller memerlukan modal terlebih dahulu untuk membeli barang, dan tentu saja harus memiliki stok barang tersebut, sedangkan Dropship hanya menjual barang dari suplier ke konsumen, tanpa perlu memikirkan stok barang.


Anda juga bisa mengatur keuntungan Anda sendiri setiap penjualan barang ke konsumen, tentu saja hal ini bisa menjadi peluang mendapatkan penghasilan yang besar.

Baca juga: Tips Sukses Memulai Bisnis Sendiri

6. Berjualan Desain

Desain grafis juga menjadi salah satu sumber penghasilan yang bisa Anda coba di masa pandemi seperti ini. Meskipun dalam masa pandemi, para perusahaan, atau bahkan pemilik restoran tentunya masih aktif dalam mengiklankan produk mereka bukan.


Hal ini menjadi salah satu alasan, mengapa saya menambahkan desain grafis menjadi salah satu opsional yang wajib dicoba. Banyak sekali situs-situs penjual jasa desain online, atau yang sering dilakukan oleh para desainer adalah kontes design.

Di mana nantinya Anda akan bersaimbara dalam menentukan desain milik siapa yang dipilih oleh konsumen. Tidak hanya kontes, Anda juga bisa mendasain spanduk, brosur, atau logo untuk kebutuhan orang orang disekitar Anda.


Akan tetapi, yang satu ini Anda harus punya skill, dan tentu saja mahir dalam menjalankan software untuk membuat design. Yaah, mungkin kedengaranya agak susah, tapi apa salahnya mencoba bukan?


Beberapa situs kontes design yang bisa Anda coba seperti 99Designs, Sribu

Kesimpulan

Tentu saja, di era pandemi seperti sekarang, banyak sekali masyarakat kita yang kehilangan pekerjaan. Namun, kita hidup di zaman ini, di mana peluang bisnis sangatlah terbuka lebar. Jika kita mau berusaha dan belajar, mempunyai pendapatan yang besar bukanlah impian semata.


Jangan lupa untuk memanfaatkan ilmu yang kita miliki, meskipun hanya sepele, jika ada orang yang tidak tahu mengenai ilmu tersebut, tentu saja akan membuatnya takjub dan bermanfaat. Semoga dengan artikel 6 Cara Mendapatkan Uang dari Internet bisa membuka wawasan kalian semua.

Bisnis OnlineIde BisnisBisnisFreelanceUsaha

Ard

Enjoy the game