Berbagai Macam Bisnis Digital yang Dapat Dicoba

Berbagai Macam Bisnis Digital yang Dapat Dicoba

Admin
Admin

Sebelum membahas macam-macam bisnis digital, paling tidak kita tahu apa sih bisnis digital itu? Secara etimologi atau asal usul suatu kata bisnis digital terdiri dari kata bisnis dan digital.

Dalam KBBI, bisnis merupakan usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang. Dengan itu dapat disimpulkan bisnis adalah usaha yang ditujukan untuk komersial atau mendapat keuntungan.

Adapun digital merupakan yang berhubungan dengan angka-angka untuk sistem penomoran tertentu; berhubungan dengan penomoran. Sebagaimana yang kita tahu sistem komputer atau gadget yang sering kita pakai memakai dasar kode kode yang disebut dengan kode biner. Hal itu membuat semua yang berhubungan dengan gawai atau gadget bisa disebut digital.

Secara singkat bisnis digital adalah usaha komersial yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Macam macam bisnis digital di sini dapat diartikan semua bisnis yang ada di internet maupun gawai. Kita akan mengklasifikan bisnis digital berdasarkan produk yang dihasilkan. Antara lain adalah:

1. Berita

Pada zaman digitalisasi seperti ini, berita lebih cepat dan banyak beredar dalam dunia digital. Hal ini tak pelak membuat hampir semua perusahaan pengedar berita (pers) mengembangkan usaha dalam dunia digital. Karena jika tidak maka bisa bisa perusahaan tersebut akan menjadi ketinggalan dengan kemajuan zaman. Sebut saja perusahaan koran, televisi, radio, majalah, dan sebagainya telah memiliki usaha dalam dunia digital. Tak kalah juga banyak usaha atau badan-badan pers online yang bermunculan akhir-akhir ini.

2. Buku

Buku digital atau sering disebut dengan ebook. Bisnis jenis ini sering dilakukan oleh banyak penerbit. Namun perlu diingat, banyak ebook yang beredar di internet saat ini biasanya bukan berasal dari penerbit langsung, bahkan yang masih harus mengeluarkan uang untuk mendapatkannya. Tips untuk mendapatkan Jenis ebook yang beredar pun banyak sekali dari novel, manga, buku sekolah, dan buku yang seperti umumnya dari yang fiksi dan non fiksi. Ada beberapa yang berusaha membangun perpustakaan online. Jadi dalam satu website tersedia banyak pilihan jenis buku.

3. Cerita

Banyak bisnis digital di bidang cerita ini, banyak dari mereka yang memakai istilah blogger untuk menyebut diri mereka. Blogger dapat menceritakan apa saja, dari hal pribadi, pandangannya terhadap suatu hal, hobinya, tutorial, tips merawat dan mendidik anak, cara memasak, membuat cerita dongeng, bahkan konspirasi.

4. Gambar

Gambar di sini seperti yang lainnya, merupakan gambaran umum. Banyak bidang bisnis digital yang melibatkan gambar. Desainer, editor, komikus, mangaka, dan sebagainya merupakan segelintir profesi yang menggeluti usaha gambar digital. Dari merancang logo perusahaan, jasa gambar karakter kartun, membuat komik atau pun manga, merancang desain huruf (font), merancang aset kreatif lainnya yang dilindungi hak cipta seperti produk grafik.

5. Sosial Media

Banyak tersedia pilihan sosial media saat ini, seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, Telegram, TikTok, Signal, dan sebagainya. Kita yang telah sering menggunakannya mungkin merasa suatu sosial media kurang nyaman digunakan, fitur yang ada masih kurang atau dirasa tidak cocok dapat membuat sosial media seperti yang kita kehendaki. Dapat dengan menggabungkan berbagai fitur yang berada di dalam sosial media yang telah untuk membuatnya menjadi lebih cocok dan dirasa dapat banyak menarik orang untuk menggunakannya. Atau dengan meniru suatu sosial media dengan terobosan dan kelebihan yang baru sehingga membuatnya menjadi lebih kreatif dan menarik.

Anda tak bisa coding untuk membuat sosial media sendiri? Tenang saja, Anda bisa kok menggunakan sosial media yang ada saat ini untuk media promosi, maupun berjualan. Bahkan sosial media seperti Twitter saja baru baru ini memperkenal fitur baru yang mendukung berjualan online lewat Twitter, padahal sebagaimana yang kita tahu image Twitter yang menjadi sosial media berbasis tulisan, jaringan sosial dengan layanan mikroblogging yang membuatnya sulit untuk dibayangkan terdapat fitur berjualan di dalamnya.

6. Musik

Dalam bidang musik, yang biasa beredar adalah membuat layanan music steaming sendiri dan mengunggah karya musik (milik Anda / dari produser) ke YouTube, Spotify, SoundCloud, dan atau berbagai platform musik digital lainnya. Dengan mengunggah karya musik ke layanan musik digital dapat membantu Anda untuk mempopulerkan karya-karya yang telah dibuat karena banyak pengguna dari seluuh penjuru dunia dapat dengan mudah mencari dan mendengarkan musik Anda. Selain itu, juga dapat membantu menaikkan brand image Anda.

Di sisi lain, Anda juga dapat menjual karya musik ke layanan lainnya seperti Apple Music, Tune Core, Ditto Music, dll. Dengan begitu pengguna diharuskan membayar sejumlah uang yang telah ditentukan untuk dapat menikmati karya Anda.

Jika Anda bukanlah seorang pemilik label, studio, atau bahkan produser musik itu sendiri, Anda juga dapat mencoba untuk menciptakan layanan berbasis digital berupa music streaming seperti Spotify, dan SoundCloud.

7. Video

Salah satu platform digital yang paling populer mengenai video adalah YouTube. Di YouTube, seseorang yang telah memiliki akun dapat mengunggah video pada saluran atau channel pribadi dan dapat ditonton oleh siapapun. Apabila dilihat dari sudut pandang konsumen, Platform YouTube menawarkan kemudahan untuk mendapatkan informasi atau hiburan dalam bentuk video dari berbagai channel dengan jumlah yang sangat banyak dan berasal dari berbagai negara.

Bagi seseorang yang memiliki akun dan channel YouTube, mengunggah video di YouTube dapat memberikan keuntungan materi karena setiap video yang ditonton oleh 1000 orang akan mendapatkan bayaran kurang lebih sebanyak 10 USD (jika sudah dimonetasi). Hal tersebut tentu menguntungkan bagi orang yang memiliki kreativitas dalam membuat konten video. Selain dengan mengunggah video, seseorang juaga bisa mendapatkan keuntungan apabila menyertakan iklan pada video yang diunggahnya.

Selain itu, kreatifitas dalam bidang video dapat memberikan keuntungan. Seseorang yang memiliki keterampilan dalam videografis dapat memanfaatkan kemampuanya pada bidang-bidang yang berkaitan dengan pengeditan video, contohnya pada editing film, pembuatan video iklan singkat, ataupun proses pengolahan video rekaman.

8. Website

Website merupakan salah satu media digital yang dapat digunakan untuk berbagai macam hal mulai dari laman berita, sumber literatur, tempat transaksi jual beli secara online, informasi dalam bidang ilmu tertentu, tempat interaksi antar pengguna internet dan lain sebagainya. Seseorang dapat mengakses berbagai hal melalui website dengan menuliskan kata kunci pada mesin pencari, di mana dari kata kunci yang dituliskan, pengguna akan diberi berbagai pilihan website yang berhubungan dengan kata kunci yang dicari.

Pada website berita, disajikan informasi terbaru yang biasanya diunggah oleh akun resmi yang memang bergerak dalam bidang pemberitaan. Pada website jual beli, pengguna dimudahkan untuk dapat melakukan penjualan atau pembelian secara tidak langsung di mana pembeli dapat mencari produk dengan harga yang sesuai sebelum melakukan pembelian.

Selain itu, ada juga website yang dapat digunakan para pengguna untuk dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya, di mana website ini dapat digunakan dalam berbagai hal seperti forum diskusi, kegiatan jual beli, atau sekedar bertukar informasi mengenai suatu hal.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet

9. Converter File

Converter file atau pengubah berkas merupakan platform digital yang memberikan layanan untuk mengubah format file. Biasanya file yang diubah merupakan file dokumen. Conveter file menawarkan kemudahan untuk dapat mengubah format file tanpa harus menggunakan aplikasi tertentu (yang biasanya berbayar). Terkadang, pada bebeberapa platform conveter file, terdapat layanan lain selain pengubah format file seperti penggabungan file, dan pengompres file.

10. Aplikasi

Aplikasi merupakan salah satu bentuk perangkat lunak yang memiliki fungsi tertentu. Aplikasi dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan dengan memanfaatkan kinerja sistem dalam komputer. Aplikasi dapat dibuat dengan melakukan pemrograman dengan membuat suatu sistem dalam komputer di mana bentuk dan fungsi suatu aplikasi tergantung pada proses pembuatannya.

11. Kursus Online

Kursus online menawarkan layanan kursus yang dapat diakses oleh pengguna yang telah terdaftar tanpa terjadi pertemuan secara langsung antara pengguna jasa dan penyedia jasa. Kursus online cenderung bersifat fleksibel karena dapat diakses dari mana pun. Seseorang dapat bergabung dan mendapatkan layanan kursus online dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Kursus online memiliki berbagai cakupan bidang, mulai dari bidang akademik, olahraga, sampai dengan kuliner. Biasanya, dalam mengikuti kursus online, seseorang harus membayar biaya kursus dalam jumlah tertenu di mana, biaya yang dibayarkan rata–rata lebih murah daripada biaya kursus yang dilakukan secara langsung. Dengan begitu, kursus online dapat dijadikan alternatif pilihan bagi orang yang tidak memiliki cukup waktu untuk dapat mengikuti kegiatan kursus secara langsung. Contoh kursus online yang telah ada seperti class central, courser, edX, Fender Play, Alison, Udemy, Skill academy, dan lain sebaginya.

12. Toko Online

Toko online merupakan platform jual beli di mana kegiatan jual beli terjadi secara tidak langsung, di mana pembeli memiliki keleluasaan untuk dapat memilih barang dengan harga terbaik. Salah satu kelebihan yang ditawarkan toko online adalah tersedianya barang atau produk yang tidak dijual pada daerah tertentu, sehingga pembeli bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan tanpa harus melakukan pembelian di tempat yang jauh. Selain itu, pada toko online, kualitas produk dan pelayanan dapat diketahui dari rating pembeli yang telah melakukan transaksi terlebih dahulu.

Sebut saja Shopee, Tokopedia, OLX, Lazada, Blibli, JD.ID, Elevenia, Zalora, Pikub, dan masih banyak lagi baik skala internasional sampai lokal. Itu semua merupakan platform yang mengumpulkan toko online dari berbagai daerah di Indonesia atau bisa kita sebut juga dengan marketplace. Toko online sederhana biasanya menjual produk yang dijual oleh satu toko saja, baik itu melelaui sosial media ataupun layanan marketplace lainnya.

13. Menyediakan Jasa Online

Pada situs seperti ini, sama halnya kita membuat lamaran pekerjaan di situs tersebut dengan mencantumkan pekerjaan yang dapat diselesaikan, disertai harga atau ongkos dalam melaksanakan pekerjaannya. Sedangkan si pencari karyawan (perusahaan) alias pembeli dapat memilih dengan berbagai pertimbangan yang ada. Yang berbeda dengan bekerja secara formal adalah gaji ditentukan oleh seberapa banyak pekerjaan yang dapat kita selesaikan dan waktu bekerja yang bebas serta dapat dilaksanakan di mana saja.

Contoh situs yang mendukung untuk melakukan jasa online di antaranya: Fiverr, Upwork, Toptal, Simply Hired, PeoplePerHour, Aquent, Crowded, The Creative Group, 99designs, Next, WriterAccess, TaskRabbit, Skyword, Designhill, Freelancer, Guru, Hireable, FlexJobs, Sribu, dan sebagainya yang belum sempat kita cari. Banyak pekerjaan yang ditawarkan oleh pengguna di situs-situs tersebut, seperti penerjemah, pengarang cerita, pembuat akun Google (gmail), pendesain logo, penggambar, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Ada beragam pilihan ide bisnis digital yang dapat Anda pilih, berbisnis secara digital sendiri sangat berpotensi di abad ini, namun yang perlu diingat adalah berbisnis atau pekerjaan apapun diperlukan konsistensi untuk memperoleh hasil yang maksimal. Sekarang kuncinya adalah ada di diri Anda sendiri untuk menentukan bisnis yang sesuai dengan kemampuan Anda serta melihat bagaimana prospek bisnis bersangkutan ke depannya.

Bisnis OnlineSosial MediaIde BisnisFreelanceUsaha

Admin

World of Knowledge!