Ide Bisnis dengan Modal Kecil

Ide Bisnis dengan Modal Kecil

Admin
Admin

Bisnis apapun pasti membutukan modal. Entah itu uang, peralatan, kemampuan, atau hal lain. Apapun bentuknya, berapapun jumlahnya, tetap butuh modal.

Namun bukan berarti Anda harus banyak uang dulu, harus kaya dulu, baru bisa memulai bisnis. Karena jika pintar mencari peluang, modal yang kecil sekalipun bisa mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda.

Sedikit informasi, Ibu Susi Pudjiastuti (mantan menteri kelautan dan perikanan) memulai bisnisnya dengan modal Rp750.000 saja! Tapi dengan niat dan kegigihanya, saat ini Ibu Susi berhasil menjadi pebisnis yang sukses.

Ide Bisnis Modal Kecil

Sesuai judulnya, pada postingan kali ini saya akan berbagi informasi tentang Ide Bisnis dengan Modal Kecil yang bisa Anda coba.

1. Penulis Lepas

Saat ini, jasa penulis lepas sedang banyak dicari. Banyak media online yang membutuhkan jasa dari para penulis lepas. Alasanya sederhana, tingginya kebutuhan akan konten dan kurangnya tenaga penulis. Akhirnya, mau tidak mau mereka menggunakan jasa penulis lepas.

Peluang ini bisa Anda manfaatkan sebagai lahan bisnis. Dengan bermodalkan laptop/smartphone dan kemampuan menulis, Anda sudah bisa mulai menghasilkan uang.

Penghasilan jasa penulis lepas juga tidak bisa diremehkan. Jika Anda lihat di situs-situs freelancer, tarif penulis lepas mulai Rp100/kata (tergantung kemampuan penulisnya).

Jika dalam sehari Anda mampu menulis 5 artikel dengan 1000 kata, maka 5 × 1000 = Rp500.000. Dalam satu bulan, Anda bisa mengantongi sekitar Rp15.000.000. Luar biasa bukan?

Baca juga: Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memulai Bisnis Online

2. Jasa Ketik

Ide bisnis dengan modal kecil selanjutnya, adalah usaha Jasa Pengetikan. Target konsumen dari jasa ketik adalah pelajar atau mahasiswa. Biasanya, mereka menggunakan jasa ketik untuk membantu menulis laporan, jurnal, makalah, skripsi, dan sebagainya.

Modal awal untuk menjalankan bisnis jasa ketik hanya berupa laptop atau komputer saja. Spesifikasinya juga tidak muluk-muluk. Asalkan bisa membuka aplikasi pengolah kata seperti Ms. Word, Anda sudah bisa terjun ke bisnis ini.

3. Bisnis Makanan Ringan

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tak lekang oleh waktu. Hal ini dikarenakan, setiap orang butuh makanan.

Jika membuka resto atau rumah makan butuh modal yang besar, Anda bisa memulai dari hal kecil terlebih dahulu. Bisnis makanan ringan misalnya.

Tidak perlu menggunakan bahan yang mewah, Anda bisa mulai dari bahan sederhana seperti Singkong. Ya, di tangan orang kreatif, bahkan Singkong-pun bisa diolah menjadi sesuatu yang memiliki daya jual tinggi.

Buka Google atau YouTube, lalu cari "Resep Keripik Singkong". Ikuti langkah-langkahnya, dan Anda siap untuk berbisnis.

Di era digital seperti saat ini, Anda bisa memasarkan produk melalui media sosial seperti Facebook atau Instagram. Jika brandingnya bagus, bukan tidak mungkin produk Anda akan menembus pasar internasional.

4. Bisnis Jasa Pencucian Kendaraan

Bisnis ini juga nyaris tidak pernah sepi peminat. Apalagi di daerah perkotaan, di mana mayoritas penduduknya memiliki aktivitas yang padat. Sehingga tidak ada waktu untuk mencuci kendaraanya sendiri.

Untuk membuka bisnis jasa cuci kendaraan, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Cukup sediakan pompa air, lap, sabun untuk kendaraan, semir ban, dan kompresor. Semua peralatan tersebut, bisa Anda beli dengan modal kurang dari Rp2.000.000.

Anda bisa memulai dengan membuka jasa pencucian motor terlebih dahulu. Setelah berkembang, bisa dilanjutkan dengan membuka jasa pencucian mobil.

Mungkin itu saja informasi mengenai Ide Bisnis dengan Modal Kecil, semoga bermanfaat.

Ide BisnisUsahaSosial MediaKulinerFreelanceBisnis

Admin

World of Knowledge!