Inilah Jenis Investasi yang Menguntungkan di Tahun 2021

Inilah Jenis Investasi yang Menguntungkan di Tahun 2021

Admin
Admin

Pandemi memberikan dampak yang besar terhadap berbagai sektor, seperti ekonomi dan finansial masyarakat. Untuk menyiasatinya bisa mengambil jenis investasi yang menguntungkan saat ini.

Melalui investasi ini diharapkan bisa meningkatkan kondisi keuangan yang lebih baik. Bahkan bisa menunjukkan stabilitas yang aman di tengah pandemi yang belum berakhir, sehingga ada passive income.

Baca juga: Cara Mengelola Keuangan Pribadi dengan Tepat

Bentuk investasinya sendiri bisa melalui berbagai jenis investasi yang menurut Anda dinilai memberikan keuntungan cukup signifikan. Apa saja jenis investasi terbaik yang menguntungkan di 2021 ini menurut iKNOW Finance?

1. Investasi Saham

Saham selalu menjadi instrumen investasi yang paling menguntungkan dari waktu ke waktu. Dibandingkan dengan investasi lain, saham memberikan return terbesar untuk Anda coba. Peluang untung yang tinggi dari investasi saham berbanding lurus dengan resiko yang diperoleh, high risk high return.

Sebaiknya Anda harus benar-benar memiliki pengetahuan lengkap mengenai investasi saham dan pasar modal, termasuk memilih broker berkualitas.

Saham bukanlah investasi jangka pendek, nilainya juga sejalan dengan inflasi di suatu negara. Oleh karena itu keuntungan yang bisa diperoleh dengan maksimal baru bisa dalam waktu minimal lima tahun.

Sebagai pemula, sebaiknya terapkan strategi tersendiri sebelum berinvestasi saham. Salah satunya bisa fokus terhadap saham blue chip yang memiliki tingkat resiko paling terukur dan keuntungan yang stabil, jangan mengambil resiko dahulu sebelum benar-benar mengenal jenis investasi yang menguntungkan ini.

2. Investasi Emas

Emas memiliki nilai stabil bahkan cenderung naik untuk beberapa situasi yang terjadi. Bahkan emas juga dianggap kuat menahan gejolak inflasi, tentunya emas sangat mudah dijual.

Kini investasi emas bisa dilakukan secara online untuk memberikan kemudahan para investor. Anda bisa membeli emas kemudian menjualnya kembali secara lebih efektif.

Dua lembaga keuangan yang melayani pembelian emas online dengan berbagai penawaran menariknya adalah Pegadaian Digital dan Brankas LM Antam. Anda tak perlu khawatir untuk keamanannya karena tidak akan terjadi tindak pencurian, emas langsung disimpan oleh Pegadaian dan Brankas Antam.

3. Investasi Reksadana

Jenis investasi lain yang menguntungkan selain emas ini juga cocok dilakukan di 2021 atau kapan pun Anda siap melakukannya. Sebagai pemula yang ingin melakukan investasi di Pasar Modal namun tidak memiliki waktu dan pengetahuan mumpuni, bisa memilih Reksadana.

Reksadana muncul sebagai wadah solusi bagi para investor kecil yang ingin memperoleh keuntungan. Sebagai sebuah wadah, reksadana dirancang untuk menghimpun dana dari orang yang memiliki modal yang meskipun kecil bisa diinvestasikan dan memberikan keuntungan.

Pengelolanya dinamakan dengan Manajer Investasi. Di tangan seorang Manajer profesional, reksadana diinvestasikan dalam sebuah portofolio Efek yang menjanjikan keuntungan.

Dalam perkembangannya, ternyata reksadana bisa dimulai dengan modal Rp10.000,00 kecil bukan? Nominal ini sudah pasti terjangkau bagi para generasi muda, karena tidak akan berat di kantong, bahkan reksadana menjadi investasi favorit kalangan millennial.

4. Investasi Obligasi

Sebagian orang mungkin belum mengetahui apa itu obligasi? Obligasi sendiri diartikan sebagai surat utang, baik jangka menengah hingga jangka panjang yang bisa dipindahtangankan. Korporasi atau negara adalah pihak yang mengeluarkan Obligasi.

Obligasi menjadi salah satu jenis investasi yang menguntungkan dengan return terbaik, itu dikarenakan bunga yang diberikan bisa lebih tinggi dibandingkan Bunga Bank Indonesia.

Fakta bunga inilah banyak orang juga yang memilih investasi obligasi untuk mendapatkan keuntungan. Selain bunga, Anda memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan capital gain dari penjualan Obligasi Pasar Sekunder.

Bicara mengenai resikonya, investasi Obligasi diyakini tidak memiliki resiko apalagi jika Obligasi itu dikeluarkan pemerintah.

5. Investasi SBN Sukuk Syariah

SBN atau Surat Berharga Negara Suku Syariah diterbitkan resmi oleh pemerintah Indonesia. Anda tidak perlu khawatir berinvestasi disini karena Negara Indonesia tidak akan mengalami kebangkrutan.

Bahkan kehadiran SBN ini sengaja dikeluarkan pemerintah agar rakyat bisa terlibat dalam perekonomian melalui Investasi SBN Sukuk Syariah.

Investor asing pun sampai memburu jenis investasi yang menguntungkan berupa SBN, karena menawarkan bungan lebih dari 6%. Perlu Anda ketahui di Indonesia ada tiga jenis SBN yang dikeluarkan Pemerintah yaitu SBR (Savings Bond Ritel), Sukuk Tabungan dan ORI (Obligasi Negara Ritel).

Asuransi menjadi kebutuhan banyak orang untuk melindungi urusan kesehatan dan jiwanya dari hal-hal yang mungkin terjadi di masa depan.

Dengan adanya asuransi maka Anda bisa menjalankan kehidupan dengan lebih tenang. Saat ini asuransi menawarkan Unit Link dengan dua keuntungan sekaligus yakni melindungi diri sekaligus berinvestasi.

Pada asuransi Unit Link, Anda bisa menemukan komponen investasi dimana sebagian premi ditempatkan pada instrumen investasi. Jika Anda tertarik melakukan asuransi sekaligus investasi, maka bisa memilih Unit Link.

7. Investasi P2P Lending

Terakhir jenis investasi yang menguntungkan yakni P2P Lending. Di Indonesia, dunia Fintech atau Financial Technology mengalami perkembangan yang pesat, Anda biasa mengenalinya dengan pinjaman online atau pinjol.

Mayoritas pinjol menawarkan konsep P2P Lending, artinya bisa mempertemukan langsung investor dengan borrower yang butuh dana segar melalui platform pinjaman online.

Sayangnya pinjol mendapatkan pemberitaan negatif yang cukup masif. Bunga yang ditawarkan sangat tinggi dan cara penagihannya tidak manusiawi. Selain itu banyak pemberitaan penipuan atas nama pinjaman online tersebut.

Namun jangan salah juga karena masih banyak Fintech yang menawarkan layanan pinjaman online secara terpercaya dan bijak.

Beberapa diantaranya bahkan sudah resmi terdaftar di OJK seperti Investree, Modalku, Akseleran, Amartha, Akulaku (Asetku) dan Koinworks, apakah Anda sering mendengarnya?

Investasi P2P Lending bisa menjadi pilihan terbaik dan tepat karena menawarkan return yang besar dalam waktu singkat dan cepat. Return yang ditawarkannya bisa mencapai 12%-16% per tahun.

Dari ketujuh jenis investasi yang menguntungkan di atas, mana yang akan Anda pilih? Segera tentukan dan segera berinvestasi di 2021 ini untuk mendapatkan keuntungannya.

InvestasiKeuangan

Admin

World of Knowledge!